Rabu, 20 Mei 2015

8 Alasan Mempertahankan PC Lama Kamu dan Tidak Membeli yang Baru

          Perkembangan PC terasa begitu cepat hingga rasanya baru membeli yang satu, muncul lagi versi yang lebih baru — dan selalu begitu seterusnya. Namun meskipun PC yang lebih baru menawarkan teknologi paling gress, performa lebih powerful, dan berbagai kelebihan lainnya, tidak selamanya kamu harus selalu mengikuti perkembangan tersebut. Ada kalanya kamu masih bisa mempertahankan PC lama kamu dan tidak perlu membeli yang baru.
Berikut ini adalah 8 alasan mempertahankan PC lama kamu dan tidak tergoda untuk melakukan upgrade:

1. Masih Memenuhi Kebutuhan
Kamu tidak perlu menggunakan PC yang memiliki kemampuan super dan teknologi paling baru jika kebutuhan kamu masih bisa dipenuhi oleh PC yang lama.

Sebagai contoh saya sendiri, PC utama saya merupakan PC lama yang saya beli sejak 2010 lalu. Spesifikasi masih menggunakan processor Intel Dual Core dengan RAM 4GB dan graphic card internal.

Godaan membeli PC baru tentu saja sangat tinggi. Tetapi dengan pekerjaan saya yang cenderung tidak membutuhkan banyak resource PC, maka PC lama ini masih bisa memenuhi kebutuhan kerja saya sehari-hari hingga sekarang.

2. Masih Bekerja dengan Baik

Jika PC kamu sudah mulai sering bermasalah, dipadukan dengan seringnya lag akibat kekurangan resource karena pekerjaan kamu semakin menuntut spesifikasi tinggi, maka itu salah satu tanda bahwa membeli PC baru bisa menjadi opsi yang tepat.

Namun jika PC kamu masih berjalan baik dan tidak ada masalah apapun saat digunakan, maka bertahan di PC lama tidak akan membuat aktivitas kamu terhambat.

 3. Masih Bisa Dioptimasi

Terkadang PC terasa lemot dan membuat kita segera ingin ganti PC. Namun jangan buru-buru beli terlebih dahulu, bisa jadi kamu hanya butuh melakukan install ulang atau membersihkan PC lama kamu dari crapware.

Jika PC lama masih bisa dioptimasi hingga fresh kembali, maka kamu tidak perlu buang-buang uang untuk membeli PC baru.

4. Masih Bisa Upgrade

Terkadang tidak perlu membeli PC baru untuk menambah performa PC. Jika kamu merasa PC kamu makin berat saat digunakan untuk memainkan game baru, kamu bisa upgrade graphic card nya saja.

Atau jika PC kamu terasa lemot saat digunakan untuk membuka banyak software dan aplikasi kerja, upgrade memory atau mengganti hardisk dengan SSD bisa menjadi pilihan tepat.

Melakukan upgrade pada hardware tertentu bakal jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli PC atau laptop baru.

 5. Upgrade Windows 10 = Gratis

Jika kamu saat ini menggunakan laptop yang built-in Windows 7 atau Windows 8.1 dan ingin ganti ke laptop baru yang built-in Windows 10, sebaiknya kamu memikirkannya lagi.

Hal ini karena upgrade ke Windows 10 bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 tidak dipungut biaya alias gratis!

 6. Linux Sangat Ringan!

Bagi kamu yang PC nya cukup tua dan spesifikasinya cukup lemah, hasrat untuk membeli PC baru pasti sangatlah besar. Namun jika kamu adalah pengguna komputer yang suka tantangan, tidak ada salahnya untuk memberi Linux kesempatan.

Linux sangatlah ringan, bahkan untuk PC lama yang spesifikasinya pas-pasan. Dengan menginstall Linux di PC lama dan membiasakan diri untuk menggunakannya, kamu bisa memberikan “perpanjangan umur” dan “nafas baru” bagi PC tersebut.

Jika kamu terbiasa menggunakan Windows, maka Linux Mint atau Ubuntu adalah pilihan distro Linux yang tepat untuk kamu gunakan.

7. Semua Ada Web Apps-nya

Saat ini banyak hal bisa kita lakukan secara online. Microsoft Office online, Pixlr foto editor online, dan sebagainya. Hal ini membuat PC dengan spesifikasi standar, asal internetnya cepat sudah bisa melakukan banyak hal secara online. Bahkan batasan kompatibilitas OS juga semakin kabur dengan munculnya banyak web apps yang bisa diakses melalui browser.

 8. Boros dan Mahal

Alasan terakhir kenapa kamu sebaiknya mempertahankan PC lama adalah karena membeli PC baru itu mahal — terlebih jika sebenarnya performa dan fitur di PC lama masih mumpuni untuk aktivitas kamu sehari-hari.

Jika kamu ingin menghemat budget, lakukan dulu beberapa hal diatas dan pikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli PC baru.

 Apa Alasan Kamu?

Itulah beberapa alasan kenapa seseorang mempertahankan PC lamanya dan tidak membeli PC yang baru. Jika kamu termasuk salah satunya, apa yang menjadi alasan kamu bertahan menggunakan PC lama tersebut?

Editor : Rudi Tralala
Sum : Magelang Service

0 komentar:

Posting Komentar